PENERAPAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KURIKULUM 2013 PADA KELAS X MIPA SMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMAWATI, WINDI (2018) PENERAPAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KURIKULUM 2013 PADA KELAS X MIPA SMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1742Kb)

    Abstract

    Windi Rahmawati. K4312075. PENERAPAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KURIKULUM 2013 PADA KELAS X MIPA SMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kurikulum 2013 kelas X MIPA SMA tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan experiential learning. Hasil observasi prasiklus menunjukkan kuantitatif keterampilan proses sains meliputi keterampilan mengamati sebesar 2,42%, menanya sebesar 19,35%, mengumpulkan informasi sebesar 0%, mengasosiasi sebesar 0%, mengkomunikasikan sebesar 0,81%, Kuantitatif rata-rata indikator keterampilan proses sains siswa yakni sebesar 17,42%. Perolehan kuantitatif keterampilan proses sains siswa kelas partisipan tergolong dalam kriteria tidak baik. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa sebuah kelas X MIPA SMA yang berjumlah 29 anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian terhadap keterampilan proses sains siswa memperoleh persentase tertinggi selama penerapan experiential learning meliputi keterampilan mengamati sebesar 93,55%, menanya sebesar 93,55%, mengumpulkan informasi sebesar 93,55%, mengasosiasi sebesar 20,97%, dan mengkomunikasikan sebesar 87,10%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan experiential learning pada pembelajaran biologi dapat mengalami kenaikan keterampilan proses sains siswa kurikulum 2013 kelas X MIPA SMA partisipan tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: keterampilan proses sains, experiential learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Sep 2018 13:02
    Last Modified: 14 Sep 2018 13:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42189

    Actions (login required)

    View Item