EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (Student Team Achievement Divisions) DILENGKAPI MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK PERHITUNGAN KIMIA KELAS X SEMESTER 1 MAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Wagiyo, (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (Student Team Achievement Divisions) DILENGKAPI MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK PERHITUNGAN KIMIA KELAS X SEMESTER 1 MAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1738Kb)

    Abstract

    ABSTRACT Wagiyo. THE EFFECTIVENESS OF CHEMISTRY LEARNING WITH USING COOPERATIVE METHOD OF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) WHICH IS ACCOMPANIED BY MODUL TO INCREASE LEARNING ACHIEVEMENT FOR THE STUDENT OF CLASS X SEMESTER 1 MAN OF KARANGANYAR, IN THE EDUCATION YEAR 2008/2009 , ON THE CHEMISTRY CULCULATE MATERIAL Thesis.Surakarta:Teaching Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, August, 2009. This research aims is to know the efectivity with using cooperative learning method of STAD (Student Team Achievement Divisions) which is accompanied by modul. This research uses experiment research of method with design for research from the arrangement of Randomized Control Group Pretest-Postest Design. Population in this research are student of class X semester 1 MAN of Karanganyar in the education year of 2008/2009. Sample taking is done with random sampling with research sample of class X1 as experiment class, chemistry learning is done with using cooperative learning method of STAD (Student Team Achievement Divisions) which is accompanied by modul, while class X2 as control class with using explanatory method . Data collecting method which is test method for achievement variable of cognitive aspect and questioner for learning result of affective aspect. Data analyze technique is right–t test. From the result of the research can be concluded that using cooperative learning method of STAD (Student Team Achievement Divisions) which is accompanied by modul efective to increasing learning achievement for the student coverages cognitive and affective aspect. It can be seen from the result of analyze with right t-test that showed the value of tcalculation gained. For cognitive capability tcalculation = 2,3682 > ttable =1,67 and affective capability tcalculation = 4,2475 > ttable =1,67 with significance level 5 %. ABSTRAK digilib.uns.ac.id Wagiyo. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (Student Team Achievement Divisions) DILENGKAPI MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK PERHITUNGAN KIMIA KELAS X SEMERTER 1 MAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi,Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Agustus 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kimia menggunakan metode kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions) dilengkapi modul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain dari rancangan Randomized Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester I MAN Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan sampel penelitian kelas X1 sebagai kelas eksperimen, pembelajaran kimia dilakukan dengan menggunakan metode kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dilengkapi modul, sedangkan kelas X2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data dengan menggunakan metode tes untuk variabel prestasi belajar aspek kognitif dan angket untuk hasil belajar aspek afektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan metode kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions) dilengkapi modul efektif meningkatkan prestasi belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun aspek afektif. Hal ini dapat dilihat dari uji-t pihak kanan pada taraf signifikansi 5% yang menunjukkan harga uji-t dari selisih nilai aspek kognitif yaitu: thitung = 2,3682 lebih besar dari ttabel=1,67, sedangkan harga uji-t dari nilai aspek afektif yaitu: thitung= 4,2475 lebih besar dari ttabel= 1,67.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 15 Jul 2013 04:03
    Last Modified: 15 Jul 2013 04:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4218

    Actions (login required)

    View Item