Hubungan Antara Minat Pemilihan Jurusan Dan Peran Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK Negeri 6 Surakarta

Ramadhan, Ummu Amalia (2018) Hubungan Antara Minat Pemilihan Jurusan Dan Peran Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK Negeri 6 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (888Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ummu Amalia Ramadhan. K8414053. HUBUNGAN ANTARA MINAT PEMILIHAN JURUSAN DAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara: (1) minat pemilihan jurusan dengan kedisiplinan belajar siswa; (2) peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa; (3) minat pemilihan jurusan dan peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018 dengan jumlah 524 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 78 siswa dengan teknik pengambilan sampel Cluster Proportionale Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat pemilihan jurusan dengan kedisiplinan belajar siswa. Dengan demikian semakin siswa memiliki minat dalam jurusan yang dipilihnya maka kedisiplinannya dalam belajar juga akan semakin meningkat; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa. Dengan orang tua memberikan kasih sayang, memenuhi kebutuhan, memberikan nasehat dan pengarahan pada keputusan anak dalam memilih jurusan akan dapat meningkatkan kedisiplinan belajarnya; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat pemilihan jurusan dan peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa. Semakin siswa memiliki minat dalam jurusan yang dipilihnya dan peranan yang diberikan oleh orang tuanya juga optimal atau sesuai dengan yang dibutuhkan anak maka kedisiplinannya dalam belajar juga akan semakin meningkat. Kata Kunci: Minat Pemilihan Jurusan, Peran Orang Tua, Kedisiplinan Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Sep 2018 12:21
    Last Modified: 14 Sep 2018 12:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42179

    Actions (login required)

    View Item