PENGARUH QUESTION FORMULATION TECHNIQUE DALAM MODEL INQUIRY-BASED LEARNING TERHADAP CURIOSITY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

W, Tionti Hapsari (2018) PENGARUH QUESTION FORMULATION TECHNIQUE DALAM MODEL INQUIRY-BASED LEARNING TERHADAP CURIOSITY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1128Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tionti Hapsari W. K4313069. PENGARUH QUESTION FORMULATION TECHNIQUE DALAM MODEL INQUIRY-BASED LEARNING TERHADAP CURIOSITY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap curiosity siswa; (2) seberapa jauh pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap masing-masing dimensi curiosity; (3) pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (4) seberapa jauh pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap masing-masing aspek kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA N 7 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 6 dengan teknik pengambilan sampel convenience in nature. Kelas X MIA 3 menjadi kelas kontrol dan kelas X MIA 6 menjadi kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain nonrandomized control group, pretest-posttest. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data curiosity dan teknik soal tes untuk data kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap capaian curiosity siswa; (2) pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap dimensi curiosity dari yang paling tinggi sampai paling rendah, yaitu diverisve, perceptual, specific, dan epistemic; (3) terdapat Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap capaian berpikir kritis siswa. (4) pengaruh Question Formulation Technique dalam model Inquiry-Based Learning terhadap aspek berpikir kritis dari yang paling tinggi sampai paling rendah, yaitu inference, analysis, evaluation, interpretation, self-regulation dan explanation. Kata kunci: inquiry-based learning, question formulation technique, curiosity, kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Sep 2018 11:49
    Last Modified: 14 Sep 2018 11:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42167

    Actions (login required)

    View Item