Pengembangan Multimedia Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Geometri dalam Pencapaian Tingkat Deduktif Informal Siswa Kelas VI di Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Kota Madiun

ANDINI, SWASTIKA (2018) Pengembangan Multimedia Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Geometri dalam Pencapaian Tingkat Deduktif Informal Siswa Kelas VI di Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Kota Madiun. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1613Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia flipbook agar dapat meningkatkan keterampilan dasar geometri siswa kelas VI dalam pencapaian tingkat berpikir deduktif informal di sekolah pelaksana Kurikulum 2013 yang valid, praktis, dan efektif, 2) untuk menguji keampuhan flipbook. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan di bidang pendidikan (Education Research and Development). Fokus penelitian adalah pada materi geometri dengan pokok bahasan adalah bangun datar segiempat. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan tahap R&D model Budiyono yang telah dimodifikasi. Uji coba produk adalah uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Penentuan kualitas multimedia flipbook mengacu pada aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menyatakan bahwa penilaian ahli materi sebesar 4,63 berada pada kategori sangat baik, sedangkan skor rerata dari ahli kurikulum sebesar 4,65 juga berada pada kategori sangat baik. Penilaian para ahli terhadap produk prototipe dari ahli materi sebesar 4,65 berada pada ketegori sangat baik. Skor rerata dari ahli kurikulum sebesar 4,75 berada pada kategori penilaian sangat baik dan ahli multimedia memberikan skor rerata penilaian sebesar 4,45 berada pada rentang kategori sangat baik. Aspek praktikalitas uji coba skala terbatas dinilai oleh pengamat sebesar 4,10 pada kategori tinggi, sedangkan pada skala luas pengamat memberikan skor 4,50 pada kategori sangat tinggi. Dari hasil tersebut dinyatakan multimedia flipbook mempunyai tingkat praktikalitas yang tinggi. Aspek keefektifan uji coba skala terbatas diperoleh skor rerata pre-test sebesar 41,58 dan skor post-test adalah sebesar 66,32, sedangkan pada uji coba skala luas diperoleh skor rerata pre-test sebesar 66,78 dan skor post-test sebesar 74,48. Uji aspek keefektifan pada uji skala terbatas diperoleh dari skor rerata rubrik penilaian produk, yaitu sebesar 80,63 dan hasil penilaian kinerja sebesar 74,26. Pada uji aspek keefektifan dalam uji skala luas, skor rerata rubrik penilaian produk sebesar 84,44 dan skor rerata rubrik penilaian kinerja yaitu 81,83. Dari beberapa hasil penilaian uji keefektifan multimedia flipbook baik pada saat uji coba skala terbatas maupun uji coba skala luas dinyatakan bahwa produk tersebut efektif. Hasil dari uji keampuhan flipbook diperoleh skor rerata tes prestasi dalam pencapaian tingkat berpikir deduktif informal dari kelompok eksperimen sebesar 75,05 dan kelompok kontrol sebesar 65,08, sehingga dengan demikian dinyatakan bahwa multimedia flipbook lebih ampuh (unggul) dibandingkan dengan produk sebelumnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Sep 2018 11:10
    Last Modified: 14 Sep 2018 11:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42159

    Actions (login required)

    View Item