Faktor Pembentuk Niat Konsumen Melakukan WOM Dalam Konteks M-Shopping

Adhie Wibowo, Satya (2018) Faktor Pembentuk Niat Konsumen Melakukan WOM Dalam Konteks M-Shopping. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1028Kb)

    Abstract

    Perkembangan teknologi yang sangatlah pesat saat ini membuat pergeseran dalam gaya hidup manusia. Pergeseran gaya hidup turut merubah cara mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu perkembangan yang paling pesat adalah smartphone. Perkembangan alat komunikasi ini memungkinkan konsumen tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam berkomunikasi, namun juga berbelanja. Hal ini merubah pasar online Asia Pasifik khususnya Indonesia yang menggeser penggunaan PC dan lebih mengarah ke smartphone. Pembelanjaan yang dilakukan menggunakan smartphone merupakan suatu perkembangan dalam perbelanjaan yang sedang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived entertainment, subjective norms, dan¸ perceived control terhadap satisfaction dan word of mouth. Sampel dalam penelitian sebesar 210 konsumen yang pernah melakukan perbelanjaan melalui smartphone. Pengolahan data dilakukan dengan metode Strcutrual Equation Modelling dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signfikan antara variabel perceived entertainment, subjective norms, dan perceived control terhadap satisfacition. Variabel perceived control dan satisfaction juga berhubungan signifikan dengan variabel word of mouth. Namun tidak halnya dengan variabel perceived entertainment yang tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap word of mouth. Di sisi lain, satisfaction memediasi hubungan antara perceived entertainment dan subjective norms secara full, serta perceived control secara partial.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 12 Sep 2018 21:18
    Last Modified: 12 Sep 2018 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42158

    Actions (login required)

    View Item