Pengembangan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin melalui Scaffolding Untuk meningkatkan sikap emansipasi siswa di SMA Banda Aceh

Munira, Widia (2018) Pengembangan model pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin melalui Scaffolding Untuk meningkatkan sikap emansipasi siswa di SMA Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1359Kb)

    Abstract

    Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk melihat beberapa poin diantaranya; 1. Menganalisis pembelajaran sejarah di SMAN Banda Aceh. 2. Mengembangkan model terintegrasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin melalui scaffolding untuk meningkatkan sikap emansipasi siswa SMAN Banda Aceh, dan 3. Menguji efektivitas model integrasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin melalui scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Dick and Carey, garis besar penelitian ini meliputi studi pendahuluan, validasi instrument penelitian oleh ahli, uji coba produk dan pada tahapan akhir dilakukan uji efektivitas model dengan melakukan uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1). Sikap emansipasi siswa masih rendah dan pengetahuan tentang nilai-nilai yang ada pada Kepemimpinan Ratu Safiatuddin masih rendah, model Pembelajaran yang diterapkan di SMAN Banda Aceh bersifat konvensional, tingginya kebutuhan akan model pembelajaran yang inovatif yang bisa mengindentifikasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin dan dikombinasikan dengan teknik klarifikasi nilai. 2) Model yang telah dikembangkan telah berhasil dengan karakteristik mengacu pada model kooperatif yang dikombinasikan dengan pendekatan VCT yang bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai Kepemimpinan Ratu Safiatuddin. Model terintegrasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin melalui scaffolding termasuk dalam kategori yang sangat baik, hal ini ditinjau dari sintaks, rencana pelaksanaan pembelajaran, sumber yang relevan, kualitas metode penyajian dan kelengkapan bahan penunjang pembelajaran. 3). Model integrasi nilai-nilai kepemimpinan Ratu Safiatuddin melalui scaffolding efektif dalam meningkatkan sikap emansipasi.Hal ini dapat dilihat dari taraf signifikan kedua SMAN Banda Aceh, tarif signifikan SMAN 3 Banda Aceh 0,000 (0,000<0,025), maka H0 ditolak maka terdapat perbedaan rerata sikap antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji t diperoleh nilai sebesar 4,098 dengan tarif signifikansi 0,026<0,05. sedangkan di SMAN 4 Banda Aceh nilai tarif signifikan sebesar 0,000 (0,000<0,025), maka H0 ditolak maka terdapat perbedaan rerata sikap antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji t diperoleh nilai sebesar 6,786 dengan tarif signifikansi 0,000<0,05. Hasil kedua SMAN di Banda Aceh memperoleh nilai uji t dengan taraf siginifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kata Kunci: Scaffolding, Emansipasi, Kepemimpinan Ratu Safiatuddin Pembelajaran Sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 12 Sep 2018 13:21
    Last Modified: 12 Sep 2018 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42147

    Actions (login required)

    View Item