Fenomena Flypaper Effect atas Aliran Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra

Ansori, Wakhid (2018) Fenomena Flypaper Effect atas Aliran Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (562Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris ada tidaknya fenomena Flypaper Effect di Kabupaten/Kota yang memiliki karakteristik unggulan pada sektor pariwisata di Pulau Bali dan Nusra tahun 2012-2016. Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh Dana Perimbangan yang terdiri dari Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil terhadap Belanja Daerah serta menguji pengaruh PAD terhadap Belanja Daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra. Metode purposive sampling dilakukan untuk pengambilan sampel dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 187 sampel. Penelitian time series ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Pengujian data dan hipotesis yang digunakan berupa analisis regresi berganda dengan menggunakan program IBM Statistics Version 23. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dana Perimbangan dan PAD baik secara serentak ataupun individual berpengaruh positif terhadap Belanja Daerah. Hasil lainnya adalah terjadi fenomena Flypaper Effect pada Kabupaten/Kota di Pulau Bali dan Nusra tahun 2012-2016. Hal ini terlihat dari pengaruh Dana Perimbangan terhadap Belanja Daerah lebih besar daripada pengaruh PAD terhadap Belanja Daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 12 Sep 2018 13:18
    Last Modified: 12 Sep 2018 13:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42146

    Actions (login required)

    View Item