Pengaruh Residu Pupuk Majemuk Npk Dan Mineral Leusit Terhadap Serapan N Serta Pertumbuhan Jagung (Zea Mays) Di Tanah Oxisols Bogor

Dayu Kencono, Untari (2018) Pengaruh Residu Pupuk Majemuk Npk Dan Mineral Leusit Terhadap Serapan N Serta Pertumbuhan Jagung (Zea Mays) Di Tanah Oxisols Bogor. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    Jagung merupakan tanaman sereal paling penting di dunia setelah gandum dan beras. Studi ini tentang pengaruh residu pupuk majemuk NPK dan mineral leusit terhadap serapan N serta pertumbuhan jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh residu pupuk majemuk NPK dan mineral leusit, serta untuk mengetahui dosis optimum pupuk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di tanah Oxisols Lahan Percobaan Balai Penelitian Tanah di Desa Neglasari, Dramaga, Bogor, Rumah Kaca Laladon Bogor, dan Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Oktober 2016 sampai September 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari 11 perlakuan dan 3 ulangan. Analisis menggunakan uji F dengan ketelitian 5% berdasarkan Duncan multiple Range Test (DMRT) dan dilakukan analisis regresi serta korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan residu pupuk majemuk NPK dan batu mineral leusit berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, namun tidak berpengaruh nyata terhadap pH tanah, berat kering tanaman, N total dan serapan N. Berdasarkan analisis regresi, dosis optimum untuk formulasi NPK sebesar 368 kg/ha sedangkan dosis optimum pupuk untuk batu mineral leusit sebesar 1600 kg/ha.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 12 Sep 2018 13:06
    Last Modified: 12 Sep 2018 13:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42142

    Actions (login required)

    View Item