PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGURUTKAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SIDAKATON 04 TAHUN AJARAN 2009/2010

Z A E N I , (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGURUTKAN PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SIDAKATON 04 TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1254Kb)

    Abstract

    Pembelajaran matematika di SD pelaksanaannya harus diciptakan secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pembelajaran kooperatif STAD, serta didukung kompetensi guru untuk mengelola proses belajar mengajar dengan menggunakan Pembelajaran kooperatif STAD secara edukatif. Kondisi SD menunjukkan belum dilaksanakan atau digunakan model pembelajaran kooperatif STAD secara optimal untuk pembelajaran matematika pada kompetensi dasar mengurutkan pecahan, termasuk di SD Negeri Sidakaton 04. Oleh karena itu dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui kolaborasi dengan guru dan kepala sekolah. Tujuannya mendeskripsikan efektifitas penggunaan pembelajaran kooperatif STAD untuk perbaikan mutu pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep mengurutkan pecahan. Hipotesisnya jika prosedur pelaksanaan pengajaran mengurutkan pecahan yang disajikan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD, maka pemahaman siswa akan konsep mengurutkan pecahan akan meningkat dari sebelum diberikan pengajaran. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa dan guru kelas VI SD Negeri Sidakaton 04. Waktunya semester II tahun 2010. Pengumpulan data dengan observasi langsung selama tindakan dan hasil tes kemampuan siswa. Hasilnya: (1) Untuk pembelajaran matematika kelas VI SD dibutuhkan Pemelajaran model kooperatif STAD. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep mengurutkan pacahan. (3) Perbaikan pembelajaran matematika kelas VI SD dapat dilakukan melalui PTK sehingga proses pembelajaran maupun hasilnya meningkat lebih bermutu. (4) Kendalanya adalah keterbatasan waktu, bahan / alat peraga, serta kemampuan guru dan siswa. Kesimpulan : Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas VI SD Negeri Sidakaton 04 dalam meningkatkan pemahaman konsep mengurutkan pecahan melalui pembelajaran kooperatif STAD perlu dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai kompetensi yang berhubungan dengan pembelajaran matematika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 15 Jul 2013 03:54
    Last Modified: 15 Jul 2013 03:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4214

    Actions (login required)

    View Item