Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kesadaran Peserta Didik Reguker terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi

Firstanti Wardany, Ossy (2018) Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kesadaran Peserta Didik Reguker terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1104Kb)

    Abstract

    Kesadaran terhadap anak berkebutuhan khusus penting dimiliki oleh setiap peserta didik reguler di sekolah inklusi. Buku cerita bergambar merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan guna meningkatkan kesadaran. Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui tingkat kesadaran peserta didik reguler terhadap anak berkebutuhan khusus di SD inklusi, (2) mengetahui kelayakan media cerita bergambar yang dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik reguler terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di SD inklusi, dan (3) menguji keefektifan pengembangan media cerita bergambar dalam meningkatkan kesadaran peserta didik reguler terhadap anak berkebutuhan khusus di SD inklusi. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang terdiri atas tiga langkah, yaitu studi pendahuluan, pengembangan desain media, dan uji keefektifan produk. Produk dari penelitian merupakan buku cerita anak bergambar. Penelitian dilaksanakan di 3 SD Inklusi di Surakarta yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan realibitiasnya oleh ahli dan secara statistik. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat kesadaran peserta didik reguler terhadap anak berkebutuhan khusus di SD Inklusi saat ini mayoritas berada pada kategori sedang sehingga pengembangan media cerita bergambar diperlukan. Media cerita bergambar tersebut dinyatakan layak dengan nilai pada kategori sangat baik (skor 4,32) berdasarkan hasil penilaian tim ahli, serta tanggapan yang positif dari peserta didik pada uji pengguna kelompok kecil. Hasil uji keefektifan produk terhadap 61 peserta didik reguler kelas IV di 3 SD Inklusi menunjukkan bahwa media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kesadaran peserta didik reguler terhadap ABK di SD inklusi. Kata kunci : media cerita bergambar, kesadaran terhadap anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 15:32
    Last Modified: 11 Sep 2018 15:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42120

    Actions (login required)

    View Item