Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Sandpaper Numbers Pada Anak Kelompok A TK Qur’an Platinum Al Abidin Gedongan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017

Faris, Nur Aisyah (2018) Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Sandpaper Numbers Pada Anak Kelompok A TK Qur’an Platinum Al Abidin Gedongan, Colomadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1000Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media sandpaper numbers pada anak kelompok A TK Qur’an Platinum Al Abidin Gedongan, Colomadu, Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan gabungan (kualitatif dan kuantitatif). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 15 anak kelompok A TK Qur’an Platinum Al Abidin Gedongan, Colomadu, Karanganyar dan guru kelompok A. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan pengenalan lambang bilangan anak pada setiap siklus. Pada pratindakan diperoleh data dari 15 anak terdapat 7 anak (46,67%) sudah tuntas. Hasil observasi selama siklus I diperoleh data dari 15 anak terdapat 10 anak (66,67%) sudah tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebesar (80%) atau sekitar 12 orang anak yang tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media sandpaper numbers dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Qur’an Platinum Al Abidin Gedongan, Colomadu, Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. ` Kata kunci: penelitian tindakan kelas, lambang bilangan, sandpaper numbers

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 15:06
    Last Modified: 11 Sep 2018 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42117

    Actions (login required)

    View Item