Pengaruh Model Discovery Learning (DL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri di Kota Medan.

Al Hakim, Muhammad Fadhil (2018) Pengaruh Model Discovery Learning (DL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri di Kota Medan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2743Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menemukan perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar siswa. (2) Menemukan perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (3) Menemukan interaksi pengaruh model pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik multi stage random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Medan sebagai kelas eksperimen 1 dan peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Medan sebagai kelas eksperimen 2 pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penilitian yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental. Desain Penelitian adalah desain faktorial 2 kali 2 (2 x 2). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Angket dan test objektif . Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Anova dua jalan (statistik parametrik). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Terdapat perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan anava dua jalan diperoleh nilai Fhitung = 3.403, sedangkan Ftabel = 3.14, sehingga Fhitung > Ftabel atau 3,403 > 3,14. (2) Terdapat perbedaan pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel, atau7,428 > 3,14. (3) Tidak terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel, atau 0,048 < 3,14. Kata Kunci : Model Pembelajaran DL dan CTL , Kemampuan Berpiki Kritis , Motivasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 07:25
    Last Modified: 11 Sep 2018 07:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42103

    Actions (login required)

    View Item