Studi Deskriptif Keterampilan Bertanya Guru Pada Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Pengalaman Mengajar (Penelitian dilakukan di SMA Taman Madya Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017)

Zahra, Labiba (2018) Studi Deskriptif Keterampilan Bertanya Guru Pada Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Pengalaman Mengajar (Penelitian dilakukan di SMA Taman Madya Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (510Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) jenis pertanyaan yang diajukan oleh guru ditinjau dari pengalaman mengajar; 2) komponen keterampilan bertanya guru ditinjau dari pengalaman mengajar; 3) kendala yang dialami oleh guru terkait dalam mengajukan pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru matematika di SMA Taman Madya Probolinggo dan 2 guru matematika di SMA Taman Madya Kraksaan yang dikelompokkan berdasarkan pengalaman mengajar. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipasi pasif disertai dengan mendokumentasikan proses pembelajaran serta wawancara semistruktur. Validitas data diperoleh melalui triangulasi metode, triangulasi waktu serta member check. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa 1) pada kegiatan pendahuluan guru berpengalaman mengajukan pertanyaan berdasarkan maksud berupa pertanyaan permintaan, pertanyaan mengarahkan dan menggali. Guru pemula hanya pertanyaan permintaan. Pada kegiatan inti guru berpengalaman maupun guru pemula mengajukan pertanyaan permintaan, pertanyaan retoris, pertanyaan mengarahkan, dan pertanyaan menggali. Jenis-jenis pertanyaan berdasarkan dimensi proses kognitif Taksonomi Bloom Terevisi yang diajukan guru berpengalaman pada kegiatan pendahuluan yaitu pertanyaan mengingat dan pertanyaan memahami. Guru pemula mengajukan pertanyaan mengingat. Pada kegiatan inti, guru berpengalaman dan guru pemula mengajukan pertanyaan mengingat, pertanyaan memahami, pertanyaan menerapkan, pertanyaan mengevaluasi dan pertanyaan menganalisis. Pada kegiatan penutup, tidak teramati pertanyaan berdasarkan maupun dimensi proses kognitif Taksonomi Bloom Terevisi yang diajukan. 2) Guru berpengalaman lebih memahami komponen-komponen keterampilan bertanya dasar daripada guru pemula yang jarang memindah giliran siswa untuk menjawab. Guru berpengalaman juga lebih memahami komponen-komponen keterampilan bertanya lanjut daripada guru pemula yang jarang melacak pemahaman siswa. 3) Kendala yang dialami oleh guru berpengalaman berasal dari karakter siswa sedangkan guru pemula berasal dari karakter siswa dan alokasi waktu. Kata kunci: Taksonomi Bloom Terevisi, keterampilan bertanya guru, jenis pertanyaan, pengalaman mengajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 07:21
    Last Modified: 11 Sep 2018 07:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42102

    Actions (login required)

    View Item