Diagnosis Miskonsepsi Materi Asam Basa Menggunakan Three Tier Test (3T) pada Siswa SMA Kelas XII Program IPA di Lopburi Thailand

Dian Mubaro, Febriati (2018) Diagnosis Miskonsepsi Materi Asam Basa Menggunakan Three Tier Test (3T) pada Siswa SMA Kelas XII Program IPA di Lopburi Thailand. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (944Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi materi asam basa serta mengetahui subkonsep dalam materi asam basa yang menjadi miskonsepsi terbesar dan penyebab terjadinya miskonsepsi materi asam basa yang ditemukan pada Siswa SMA Kelas XII di The Demostration School Of Thepsatri Rajabhat University, Lopburi, Thailand. Data diperoleh menggunakan Three-Tier Test (3T) yang terdiri dari 20 soal dengan mencakup 4 sub-konsep dalam konsep asam basa, yaitu teori asam basa, kekuatan sama basa, konsep pH pada lingkungan serta sifat elektrolit dan nonelektrolit pada larutan asam basa. Data tersebut didukung dengan hasil wawancara semi structured terhadap sampel yang telah ditentukan. Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan untuk menganalisis hasil dari jawaban siswa. Berdasarkan analisis data, sebanyak 26,84 % dari 72 siswa SMA kelas XII di The Demonstration School Of Thepsatri Rajabhat University, Lopburi, Thailand mengalami miskonsepsi pada materi asam basa di sub-konsep yang berbeda-beda. Menurut hasil analisis jawaban siswa, siswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub konsep sifat elektrolit dan nonelektrolit pada larutan asam basa, yaitu sebesar 30,56%. Penyebab terjadinya miskonsepsi materi asam basa yang ditemukan pada siswa yaitu berasal dari diri siswa itu sendiri, guru serta metode pembelajarannya. Kata kunci: Miskonsepsi, Asam Basa, Three-Tier Test

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 06:05
    Last Modified: 11 Sep 2018 06:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42090

    Actions (login required)

    View Item