Efektivitas Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Diagram I Pada Guided Inquiry Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Xi IPA SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Abdul Wahid, Fariz (2018) Efektivitas Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Diagram I Pada Guided Inquiry Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Xi IPA SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (694Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kimia menggunakan Diagram I pada guided inquiry learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized Control group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan merupakan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 1 Surakarta. Pada peneltian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan menggunakan Diagram I dalam guided inquiry learning sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar siswa meliputi 3 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan berupa tes objektif, aspek sikap berupa angket yang diisi langsung oleh siswa dan aspek ketrampilan berupa hasil observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Diagram I pada guided inquiry learning efektif terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan hidrolisis garam siswa kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan dengan harga nilai thitung yaitu 2,422 lebih tinggi dari harga ttabel yaitu 1,671 untuk prestasi belajar aspek pengetahuan, Sedangkan uji Mann-Whitney U aspek sikap dan aspek ketrampilan memiliki harga signifikansi sebesar 0,021 dan 0,047 yang keduanya lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci : Diagram I, efektivitas,Guided Inquiry learning, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 06:01
    Last Modified: 11 Sep 2018 06:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42089

    Actions (login required)

    View Item