Marita, Andiana (2018) Eksperimen Seni Grafis Pada Anak Penderita Tunarungu di SLB B YRTRW Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.
![]() | PDF - Published Version Download (102Kb) |
Abstract
Art Therapy yaitu mengenalkan seni dengan menggambar yang diterapkan secara langsung. Terapi seni ini bertujuan melatih anak berkebutuhan khusus di Wilayah Kota Surakarta. Art Therapy merupakan salah satu pembelajaran 1) Memberikan kreativitas untuk anak tunarungu, 2) Melakukan terapi bagi anak tunarungu, 3) Mengetahui dasar-dasar membuat karya seni pada anak tunarungu. Seni yang mempunyai banyak fungsi pembuatan sebuah karya seni, dari memperkenalkan cara berimajinasi untuk memunculkan gambar yang akan dituangkan pada media kertas dalam berkarya tidaklah sulit. Tekat yang tinggi mampu membuat jenis-jenis gambar beranekaragam motif dan corak warnanya. Ada Beberapa permasalahan tentang Art Therapy, saat mengerjakan Art Therapy untuk anak penderita tunarungu cenderung memiliki keterbatasan. Penelitian ini mencoba membantu mengajarkan berkarya seni dengan metode-metode yang sudah diterapkan pada anak tunarungu. Tujuan untuk penulisan adalah mempelajari tentang anak penderita tunarungu, mencari tahu tentang proses pembelajaran yang diterapkan dalam membuat karya seni grafis, dan mengetahui sudut pandang dari anak berkebutuhan khusus yang ada di sekitar Kota Surakarta. Metode memperkenalkan seni rupa terhadap anak penderita tunarungu menggunakan teknik mengambar di kertas. Kata Kunci: art therapy, tunarungu, seni, kreativitas, anak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting |
Divisions: | Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Seni Rupa Murni |
Depositing User: | Herlangga Hizkiawan |
Date Deposited: | 11 Sep 2018 05:44 |
Last Modified: | 11 Sep 2018 05:44 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42083 |
Actions (login required)
View Item |