Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI SMA

Wulandari, Desy (2018) Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Disertai Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (882Kb)

    Abstract

    enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Guided Inquiry disertai jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment menggunakan desain Nonrandomized Control Group dengan Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018, sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas perlakuan dengan pembelajaran Guided Inquiry disertai jurnal belajar dan kelas kontrol dengan pembelajaran Guided Inquiry. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes essay, lembar observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent t test dengan taraf signifikansi 5% (α= 0.05) dibantu dengan SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Kesimpulan dari penelitian yaitu pembelajaran Guided Inquiry disertai jurnal belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, Guided Inquiry, jurnal belajar, sistem imun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 05:45
    Last Modified: 11 Sep 2018 05:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42080

    Actions (login required)

    View Item