Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Media Audio Visual (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Va SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)

Aulia Saputri, Citra (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Media Audio Visual (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Va SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (161Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here berbantuan media audio visual pada siswa kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu perencaaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here berbantuan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada persentase ketuntasan klasikal pratindakan sebesar 13,79%, persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 53,57%, dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 88,89%. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here, media audio visual, pemahaman konsep, perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 05:46
    Last Modified: 11 Sep 2018 05:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42076

    Actions (login required)

    View Item