Tahapan-Tahapan Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Buku di Unit Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat Dan Keperawatan (FKKMK) UGM

Satrio W, Bangkit (2018) Tahapan-Tahapan Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Buku di Unit Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat Dan Keperawatan (FKKMK) UGM. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1141Kb)

    Abstract

    Buku belum dapat ditelusur maupun ditemukan kembali oleh pemustaka apabila belum dilakukan pengolahan. Agar buku tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemustaka maka harus diolah dengan baik. Unit Perpustakaan FKKMK UGM memiliki Standard Operasional Prosedur (SOP) tersendiri dalam mengolah bahan pustaka buku yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan pengolahan. Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah: untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam pengolahan bahan pustaka buku, mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pengolahan bahan pustaka buku dan cara mengatasi masalah yang dihadapi dalam pengolahan bahan pustaka buku di Unit Perpustakaan FKKMK UGM . Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya; metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: tahapan-tahapan dalam pengolahan bahan pustaka buku di Unit Perpustakaan FKKMK UGM meliputi pemberian cap identitas dan inventaris, klasifikasi, memeriksa data buku baru dalam database, input data ke dalam sistem, pemberian label, dan shelving. Kendala yang dihadapi dalam pengolahan bahan pustaka buku antara lain; kurangnya tenaga pustakawan dalam mengolah bahan pustaka, komputer yang digunakan untuk mengolah bahan pustaka mengalami gangguan/ eror pada sistemnya, koneksi internet yang digunakan kurang stabil, sehingga proses penginputan data ke dalam sistem terhambat. Cara mengatasi kendala dalam pengolahan bahan pustaka buku di Unit Perpustakaan FKKMK UGM antara lain; Menambah SDM yang ahli di bidang pengolahan bahan pustaka, mendatangkan seorang teknisi untuk melakukan pengecekan terhadap sistem komputer yang eror atau menganti dengan unit komputer yang baru, memasang jaringan internet sendiri. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Unit Perpustakaan FKKMK UGM, diantaranya adalah: menambah tenaga kerja pustakawan agar dapat mempercepat dan meringankan proses pengolahan bahan pustaka buku, Unit Perpustakaan FKKMK UGM sebaiknya memiliki seorang teknisi ahli di bidang komputer yang dapat melakukan pengecekan rutin terhadap sistem komputer atau dapat mengganti dengan unit komputer yang baru agar komputer dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan dalam proses pengolahan bahan pustaka, Unit Perpustakaan FKKMK UGM sebaiknya menambahkan/ memiliki jaringan internet tersendiri sehingga proses pengolahan tidak terhambat karena adanya koneksi internet yang kurang stabil. Kata kunci : pengolahan, bahan pustaka, buku, perpustakaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 05:48
    Last Modified: 11 Sep 2018 05:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42072

    Actions (login required)

    View Item