Analisis Kesalahan Judex Facti Membebaskan Terdakwa Karena Menilai Perbuatan Terdakwa Sebagai Pelanggaran Administrasi Dalam Perkara di Bidang Kehutanan (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 108k/PID.SUS.LH/2016)

Ivan Fadillah, Arizal (2018) Analisis Kesalahan Judex Facti Membebaskan Terdakwa Karena Menilai Perbuatan Terdakwa Sebagai Pelanggaran Administrasi Dalam Perkara di Bidang Kehutanan (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 108k/PID.SUS.LH/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan Judex Facti dalam membebaskan terdakwa dalam perkara di bidang kehutanan menurut pandangan KUHAP dan pertimbangan Hakim Mahkamah Agung terhadap upaya Kasasi dari Penuntun Umum. ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus. Pengumpulan bahan hukum dengan studi pustaka. Penelitian ini bersumber pada bahan hukum primer yang berupa perundang-undangan, putusan pengadilan, dan bahan hukum sekunder yang berupa buku, jurnal ataupun artikel. Teknik analisis bahan hukum menggunakan metode deduktif silogisme. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh menunjukan bahwa pertimbangan Mahkamah Agung mengabulkan permohonan Kasasi dari Penuntun Umum terkait Pasal 51 ayat (2) Undang- Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung yang berisi “Dalam hal Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi berdasarkan Pasal 30 huruf b, dan huruf c, maka Mahkamah Agung memutus sendiri perkara yang dimohonkan kasasi itu”. Bahwa alasan permohonan Kasasi oleh Penuntut Umum yang pada pokoknya tidak sependapat dengan Judex Facti dalam halmelepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukun dan Judex Facti telah mengenyampingkan hukum pembuktian sebagaimana sudah diatur dalam Pasal 184 ayat (1) KUHAP. Kata kunci : Penuntut Umum, Kasasi, Pertimbangan Hakim

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Herlangga Hizkiawan
    Date Deposited: 11 Sep 2018 05:50
    Last Modified: 11 Sep 2018 05:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42069

    Actions (login required)

    View Item