Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek Melalui Penerapan Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Sigit II Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2017/2018

KUSTYARINI, INTAN (2018) Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek Melalui Penerapan Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Sigit II Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (901Kb)

    Abstract

    Intan Kustyarini. K7114074. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN MIND MAPPING (Penelitian Tindak Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sigit II Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan Mind Mapping guna meningkatkan keterampilan menyimak cerita, dan (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Mind Mapping yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sigit II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita pendek pada prasiklus 50,37 dengan ketuntasan klasikal 13,33%. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan menyimak siswa meningkat menjadi 65 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal menjadi 86,66%. Simpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek, dan (2) terdeskripsikannya langkah-langkah penerapan Mind Mapping yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek. Kata kunci: Mind Mapping, keterampilan menyimak, cerita pendek

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 05 Sep 2018 10:22
    Last Modified: 05 Sep 2018 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42045

    Actions (login required)

    View Item