EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN BEDSIDE TEACHING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR MAHASISWA DIII DI LAHAN PRAKTEK (RUANG MELATI RSUD DR HARJONO S PONOROGO)

PUJI LESTARI, TITIK (2010) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN BEDSIDE TEACHING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR MAHASISWA DIII DI LAHAN PRAKTEK (RUANG MELATI RSUD DR HARJONO S PONOROGO). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1677Kb)

    Abstract

    Tujuan untuk mengetahui efektifitas Bedside Teaching terhadap tingkat pengetahuan dan kemampuan psikomotor mahasiswa DIII Kebidanan. Desain Penelitian Pre Eksperimen dengan rancangan one group Pre Post test desain, yang mengambil lokasi di ruang Melati RSUD Dr Harjono.S.Ponorogo.Kabupaten Ponorogo. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa DIII Kebidanan Bakti Husada Mulia Madiun yang sedang praktek klinik , sejumlah 40 mahasiswa .Pengambilan sampel berdasarkan Limit Theorem yaitu 30 mahasiswa , tehnik sampling dengan random sampling.Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner untuk tingkat pengetahuan,sedang kemampuan Psikomotor mahasiswa dengan observasi, uji validitas dan reabilitas kuesioner dengan Alpha Croncbach,cheklist dari standar praktek kebidanan.Pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner pre test kemudian diberikan perlakuan dengan bimbingan bedside teacing dan kemudian dilakukan post test dengan observasi dan kuesioner dengan alat ukur yang sama pada pre test .Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisa menunjukkan bahwa hasil post test test lebih baik dari hasil pre test , hasil tersebut ditunjukan P-Value = 0,000 < α = 0,05 sehingga menolak Ho dan menerima HI artinya ada beda pengetahuan dan kemampuan psikomotor mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan Bedside Teacing, Kesimpulan adalah Bedside Teacing sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan psikomotor mahasiswa. Kata Kunci : efektiftas – bedside teacing – pengetahuan - psikomotor. Aims to determine the effectiveness of Bedside Teaching on the level of knowledge and psychomotor skills Midwifery Diploma students. Design research to design experiments Pre Post test one group design, which Takes placein Melati room Dr Harjono .S Ponorogo. The population of this study are students DIII Midwifery Husada Bakti Mulia Madiun being clinical practice, some 40 . Midwifery Diploma students.Desicion Limit Theorem based sample of 30 students, with a random sampling technique sampling. Data collection conducted by questionnaire to the level of knowledge, while students with observations Psychomotor ability , test the validity and reliability of questionnaires with Alpha croncbach, checklist Midwifery. Data collection from standard practice with observation and questionnaire pre test and then given treatment with the guidance of bedside teaching and then conducted post test by observation and questionnaires with the same measuring instrument on the pre test. Analysis data usingWilcoxon test. Results of analysis showed that the test post test results are better than pre test results, these results indicated P-value = 0.000 <α = 0.05 so reject Ho and accepted H1 that mean there are different knowledge and psychomotor skills of students before and after the Bedside Teaching. Conclusions the Bedside Teaching very effective for improving students' knowledge and psychomotor skills. Keywords: efektiftas - bedside teaching - knowledge - psychomotor.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Uncontrolled Keywords: efektiftas – bedside teacing – pengetahuan - psikomotor. efektiftas - bedside teaching - knowledge - psychomotor.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 15 Jul 2013 03:39
    Last Modified: 15 Jul 2013 03:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4204

    Actions (login required)

    View Item