Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018

, FITRIASTUTI (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (620Kb)

    Abstract

    Fitriastuti. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 03 MAKAMHAJI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018. Jumlah siswa adalah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, analisis data deskriptif komparatif, dan analisis kritis. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian yang dilakukan melalui 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan/observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil angket motivasi belajar matematika dan nilai hasil observasi aktivitas siswa mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar matematika dalam kategori tinggi atau sangat tinggi hanya 10% atau 2 siswa dari 20 siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang memiiki motivasi belajar matematika dalam kategori tinggi atau sangat tinggi meningkat menjadi 80% atau 16 siswa dari 20 siswa dan pada siklus II jumlah siswa yang memiiki motivasi belajar matematika dalam kategori tinggi atau sangat tinggi meningkat menjadi 90% atau 18 siswa dari 20 siswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 03 Makamhaji Sukoharjo tahun ajaran 2017/ 2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 05 Sep 2018 09:58
    Last Modified: 05 Sep 2018 09:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42037

    Actions (login required)

    View Item