Pemberdayaan Okupasi Terapis Pada program Akuatik untuk Perkembangan Anak dengan Gangguan Neurodevelopmental

SALOKO, ERAYANTI (2018) Pemberdayaan Okupasi Terapis Pada program Akuatik untuk Perkembangan Anak dengan Gangguan Neurodevelopmental. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Erayanti Saloko. S021308028. Pemberdayaan Okupasi Terapis Pada Program Akuatik Untuk Perkembangan Anak Dengan Gangguan Neurodevelopmental. TESIS. Pembimbing I : Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD. Pembimbing II : Dr. Rita Benya Adriani, SKp. M.Kes. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar Belakang : Program akuatik merupakan terapi rekreasional yang melibatkan pemanfaatan air dan lingkungannya yang mampu meningkatkan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus. Aktivitas akuatik didesain secara khusus dapat memulihkan dan meningkatkan fungsional anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberdayaan okupasi terapis pada program akuatik, dan pengaruh program akuatik terhadap anak dengan gangguan neurodevelopmental. Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pre test-post test with control design. Melalui teknik purposive sampling, sampel penelitian ini adalah okupasi terapis sejumlah 88 orang dan anak dengan gangguan neurodevelopmental sejumlah 78 anak di Provinsi Jawa Tengah. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pelatihan program akuatik, sedangkan pada analisis kedua yaitu penerapan program akuatik. Analisis data menggunakan regresi linear. Hasil : Terdapat pengaruh pemberian pelatihan program akuatik yang secara statistik signifikan terhadap pengetahuan okupasi terapis (b=3.95; CI 95% 3.55 hingga 4.34; p < 0.001); terhadap sikap okupasi terapis (b=3.49; CI 95% 2.84 hingga 4.14; p < 0,001); dan terhadap keberdayaan okupasi terapis (b=2.73; CI 95% 1.93 hingga 3.53; p < 0,001). Terdapat pengaruh pemberian terapi akuatik yang secara statistik signifikan terhadap perkembangan motorik anak dengan gangguan neurodevelopmental (b=1.39; CI 95% 1.04 hingga 1.74; p < 0,001); dan terhadap perkembangan sensorik anak dengan gangguan neurodevelopmental (b=2.79; CI 95% 2.13 hingga 3.45; p < 0,001). Kesimpulan : Pemberian pelatihan program akuatik terhadap okupasi terapis di Jawa Tengah mempunyai pengaruh positif terhadap pengetahuan, sikap, dan keberdayaan okupasi terapis. Pemberian terapi akuatik mempunyai pengaruh positif terhadap perkembangan motorik dan sensorik pada anak dengan gangguan neurodevelopmental. Kata Kunci : Okupasi Terapis, Program Akuatik, Pengetahuan, Sikap, Keberdayaan, Autism, Perkembangan Motorik, Perkembangan Sensorik, Gangguan Neurodevelopmental

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Spesialis Pulmonologi dan Ked. Respirasi
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 05 Sep 2018 09:38
    Last Modified: 05 Sep 2018 09:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42030

    Actions (login required)

    View Item