Pengaruh Board Gender Diversity terhadap Pembayaran Dividen di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016)

Fauziah, Eldinar Isty (2018) Pengaruh Board Gender Diversity terhadap Pembayaran Dividen di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (743Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh board gender diversity terhadap pembayaran dividen di Indonesia. Saat ini banyak investor yang sedang menyoroti isu kesetaraan gender di posisi manajemen karena wanita dianggap dapat mengurangi masalah keagenan yang terjadi. Proporsi direktur wanita, proporsi komisaris wanita, proporsi direktur independen wanita, proporsi komisaris independen wanita, proporsi direktur utama wanita, dan proporsi komisaris utama wanita digunakan sebagai faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap pembayaran dividen. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan. Populasi penelitian adalah perusahaan dari semua sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa direktur wanita berpengaruh negatif terhadap pembayaran dividen, sedangkan komisaris wanita, direktur independen wanita, dandirektur utama wanita berpengaruh positif. Kemudian, komisaris independen wanita dan komisaris utama wanita tidak berpengaruh signifikan terhadap pembayaran dividen. Secara keseluruhan, tingkat pembayaran dividen di Indonesia masih rendah dan wanita masih sebagai minoritas di jajaran direksi dan dewan komisaris. Kata Kunci : Board Gender Diversity, Pembayaran Dividen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 04 Sep 2018 10:40
    Last Modified: 04 Sep 2018 10:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42028

    Actions (login required)

    View Item