Efek Recitation Method terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun

AMBARWATI, DINA (2018) Efek Recitation Method terhadap Perilaku Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek recitation method terhadap perilaku tanggung jawab anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan kuantitatif quasi experimental dengan desain between subject design. Sampel penelitian adalah 17 anak kelompok PAUD ABA Nurul Hidayah Program Khusus Surakarta sebagai kelompok eksperimen dan 17 anak di TK Al Islam 2 Surakarta sebagi kelompok kontrol. Validitas instrumen menggunakan korelasi nilai faktor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah behavioral checklist untuk mengukur perilaku tanggung jawab anak usia 4-5 tahun. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kolmogorov smirnov dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogeny dengan taraf signifikansi >0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test dengan IBM SPSS statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat peningkatan rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu dari 25,71 menjadi 29,12 dan rata-rata nilai kelompok kontrol 25,71 menjadi 27,76. (2) Terdapat efek recitation method terhadap perilaku tanggung jawab anak usia 4-5 tahun yang dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (<0,01). Kata Kunci : recitation method, perilaku tanggung jawab

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 04 Sep 2018 10:18
    Last Modified: 04 Sep 2018 10:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42022

    Actions (login required)

    View Item