Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Bangun Datar dan Ruang Melalui Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

PUTRI, DESI YULANDA (2018) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Bangun Datar dan Ruang Melalui Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (697Kb)

    Abstract

    Desi Yulanda Putri. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Bangun Datar dan Ruang Melalui Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2018. Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah. Mengingat pentingnya kemampuan pemecahan masalah bagi siswa, maka dicarilah alternatif yaitu penggunaan model pembelajaran yang menunjang kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dan ruang melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No.179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Validitas data diuji dengan validitas isi, triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dan ruang. Peningkatan tersebut, dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (> 70) pada setiap siklus yaitu persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 17,24%, meningkat menjadi 44,83% pada siklus I, meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dan ruang pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran ARIAS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 04 Sep 2018 10:06
    Last Modified: 04 Sep 2018 10:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42019

    Actions (login required)

    View Item