PEMBUKTIAN DAKWAAN KUMULATIF OLEH PENUNTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP TERDAKWA PERKARA MELARIKAN ANAK GADIS DAN MELAKUKAN PERSETUBUHAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 532/PID.SUS/2015/PN.SMN)

DEWAY, CAROLINA RIZKI (2018) PEMBUKTIAN DAKWAAN KUMULATIF OLEH PENUNTUT UMUM DAN PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP TERDAKWA PERKARA MELARIKAN ANAK GADIS DAN MELAKUKAN PERSETUBUHAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 532/PID.SUS/2015/PN.SMN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (148Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuktian dakwaan kumulatif oleh Penuntut Umum dalam perkara melarikan anak gadis dan melakukan persetubuhan telah menggunakan alat bukti yang sah menurut ketentuan Pasal 184 KUHAP dan pertimbangan hakim dalam menyatakan terdakwa bersalah dan menjatuhkan pidana secara kumulatif telah sesuai Pasal 183 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam menyusun penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskiptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan penalaran hukum dengan metode deduksi silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Penuntut Umum dalam pembuktian dakwaan kumulatifnya telah menggunakan alat bukti yang sesuai dengan Pasal 184 KUHAP tentang alat buki yang sah yaitu berupa keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk dan keterangan terdakwa, yaitu dengan menghadirkan alat bukti berupa keterangan saksi, surat, dan keterangan terdakwa, Hasil penelitian dan pembahasan selanjutnya menunjukan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana secara kumulatif dalam tersebut telah sesuai dengan Pasal 183 yang intinya bahwa Hakim dalam menjatuhkan pidana kepada seseorang dengan sekurang-kurangnya 2 alat bukti yang sah dan Pasal 193 ayat (1) yang berisi tentang bahwa apabila Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana maka pengadilan berhak untuk menjatuhkan pidana, oleh karena itu Hakim dalam menjatuhkan pidana pada kasus ini karena adanya 2 (dua) alat bukti yang sah sehingga di peroleh keyakinan Hakim.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 04 Sep 2018 09:53
    Last Modified: 04 Sep 2018 09:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42016

    Actions (login required)

    View Item