PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA SISWA KELAS III SD KRISTEN SETABELAN 1 KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dewi, Caesaria Kharisma (2018) PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA SISWA KELAS III SD KRISTEN SETABELAN 1 KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (829Kb)

    Abstract

    Caesaria Kharisma Dewi. K4613036. Penerapan Pendekatan Bermain terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif Pada Siswa Kelas III SD Kristen Setabelan 1 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif pada siswa kelas III SD Kristen Setabelan 1, Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas III SD Kristen Setabelan 1, Kecamatan Banjarsari Kota Surakartayang berjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa putra dan 13 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu melihat dari hasil belajar siswa dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi yang dideskripsikan dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar gerak dasar manipulatifdengan pendekatan bermain dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil gerak dasar manipulatif dengan pendekatan bermain siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 69,23% atau sebanyak 18 siswa dari 26 siswa. Peningkatan hasil belajar gerak dasar manipulatif dengan pendekatan bermain juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 80,77% atau sebanyak 21 siswadari 26 siswa yang tergolong kriteria tuntas dengan KKM 75 dan 5 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif siswa kelas III SD Kristen Setabelan 1, Kecamatan Banjarsari, kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Manipulatif, Pendekatan Bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 04 Sep 2018 09:50
    Last Modified: 04 Sep 2018 09:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42015

    Actions (login required)

    View Item