Penerapan Pembelajaran Model Science Integrated Learning (SIL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Kelas XI MIPA SMA

Qoeroti, Binti (2018) Penerapan Pembelajaran Model Science Integrated Learning (SIL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Kelas XI MIPA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (460Kb)

    Abstract

    Binti Qoeroti. K4314015. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE INTEGRATED LEARNING (SIL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS XI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis keterampilan problem solving siswa melalui penerapan model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) pada materi sistem ekskresi dan sistem imun kelas XI MIPA yang berjumlah 31 siswa pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu model PTK Kemmis dan Mc Taggart (2005). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) yang terdiri dari sintaks eksplorasi, integrasi konsep, eksperimen, analisis, pengambilan tindakan, dan refleksi. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan problem solving sebesar 34% setelah diterapkan model SIL. Keterampilan define the problem dan explore the problem meningkat dari kategori rendah menjadi baik, sedangkan keterampilan plan the solution, implement the plan, check the solution, dan evaluate/reflect meningkat dari kategori rendah menjadi sedang. Kata Kunci : keterampilan problem solving, model Science Integrated Learning, Action Research

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 03 Sep 2018 10:31
    Last Modified: 03 Sep 2018 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42013

    Actions (login required)

    View Item