UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL IKHLASH KERTEN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

FAUZIAH, ARINI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL IKHLASH KERTEN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)

    Abstract

    ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak kelompok B di TK Al-Ikhlash Kerten, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kemampuan berpikir logis yang ditingkatkan meliputi 3 indikator, yaitu a) mengenal perbedaan ukuran “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling/ter”, b) mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran, c) mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar atau sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatof dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes LKA. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dengan teknik analisis deskriptif, teknik analisis kritis, dan teknik analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir logis anak kelompok B di TK Al-Ikhlash Kerten Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 meningkat setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode problem solving. Dari keseluruhan anak yaitu 21 anak pada indikator a) yang saat pratindakan hanya terdapat 42,8% anak yang tuntas, sampai pada siklus 3 menjadi 90,5% anak yang mencapai nilai tuntas. Pada indikator b) yang saat pratindakan hanya terdapat 38,09% anak yang mencapai nilai tuntas, sampai siklus 3 menjadi 81% , sedangkan pada indikator c) pada saat pratindakan hanya terdapat 28,57% anak yang mencapai nilai tuntas, sampai siklus 3 menjadi 85,7% anak yang mencapai nilai tuntas. Kata Kunci : metode problem solving, kemampuan berpikir logis, anak taman kanak-kanak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 03 Sep 2018 10:11
    Last Modified: 03 Sep 2018 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42008

    Actions (login required)

    View Item