Studi Komparasi Antara Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Ips Dan Intensitas Penggunaan Sumber Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/ 2010

Perdanawati , Herlina (2010) Studi Komparasi Antara Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Ips Dan Intensitas Penggunaan Sumber Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (2638Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaanyang signifikan antara : (1) Prestasi belajar IPS antara siswa yang memiliki persepsi yang tinggi dan rendah tentang kualitas pembelajaran IPS, (2) Prestasi belajar IPS antara siswa yang penggunaan sumber belajarnya tinggi dan rendah, dan (3) Interaksi antara persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran IPS dan intensitas penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif. Populasi poenelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/ 2010 yang berjumlah 279 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan metode proporsional cluster random sampling beradasarkan tabel Isaac and Michael dengan tingkat kesalahan 5 %. Teknik pengambilan data persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran IPS dan intensitas penggunaan sumber belajar menggunakan teknik kuesioner. Teknik pengambilan data prestasi belajar IPS siswa diperoleh dari rapor semester gasal tahun pelajaran 2009/ 2010. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi (anava) dua jalan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar IPS pada siswa yang memiliki persepsi yang tinggi dan rendah tentang kualitas pembelajaran IPS dengan nilai FobsA > Ftabel (8,864 > 3,91), (2) Terdapat perbedaan ang positif dan signifikan antara prestasi belajar IPS pada siswa yang memiliki intensitas penggunaan sumber belajar yang tinggi dan rendah dengan nilai FobsB > Ftabel (3,966 > 3,91), dan (3) Terdapat interaksi antara persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran IPS dan intensitas penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai FobsAB > Ftabel (9,413 > 3,91).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 24 Nov 2010 21:58
    Last Modified: 24 Nov 2010 21:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42

    Actions (login required)

    View Item