Keefektifan Teknik Model Simbolik untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik SMP Negeri 8 Surakarta

SHOLIKAH, SILVY SITI (2018) Keefektifan Teknik Model Simbolik untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik SMP Negeri 8 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (740Kb)

    Abstract

    Silvy Siti Sholikah. K3113066. Keefektifan Teknik Model Simbolik untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik SMP Negeri 8 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari. 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik model simbolik untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Nonequivalent Group Pretest-Posttest Control. Sampel sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 30 peserta didik yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kepercayaan diri. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji Mann Whitney. Setelah pemberian treatment yang berbeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh hasil posttest dengan nilai signifikansi 0,00 (0,00 < 0,05). Artinya hipotesis penelitian diterima dengan peluang kesalahan pengambilan keputusan kurang dari 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa teknik model simbolik efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Model Simbolik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 02 Sep 2018 15:38
    Last Modified: 02 Sep 2018 15:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41999

    Actions (login required)

    View Item