STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN MODUL DENGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN LEARNING TOGETHER (LT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Annisaa, Shofwa (2018) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN MODUL DENGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN LEARNING TOGETHER (LT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1156Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kimia berbantu modul dengan model TAI dan LT terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Stoikiometri (2) pengaruh kemampuan analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Stoikiometri (3) interaksi antara model pembelajaran TAI berbantu modul dan LT berbantu modul dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain faktorial 2x2. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 3 (LT) dan kelas X MIA 4 (TAI). Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non parametrik dengan uji Mann Whitney dan Kruskall Wallis yang terdapat dalam software SPSS 23 dengan taraf sinifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran TAI berbantu modul dan LT berbantu modul terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan 2) terdapat pengaruh kemampuan analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dan sikap 3) terdapat interaksi antara penggunaan model TAI berbantu modul dan LT berbantu modul dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 02 Sep 2018 15:34
    Last Modified: 02 Sep 2018 15:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41998

    Actions (login required)

    View Item