PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DIKOMBINASIKAN DENGAN DISKUSI KELOMPOK DILENGKAPI DENGAN MEDIALKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017

Nurlianti, Shanty (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DIKOMBINASIKAN DENGAN DISKUSI KELOMPOK DILENGKAPI DENGAN MEDIALKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1001Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Shanty Nurlianti.K3313066 .PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DIKOMBINASIKAN DENGAN DISKUSI KELOMPOKDILENGKAPI DENGAN MEDIALKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJARSISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Februari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: prestasi belajardan kemampuan kerjasamasiswa kelas XI MIA 1 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1Surakartadengan menggunakan model pembelajaran Drill and Practice dikombinasikan dengan diskusi kelompok dilengkapi media LKS. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Drill and Practice dikombinasikan dengan diskusi kelompokdilengkapi dengan media LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 1 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian prestasi belajaraspek pengetahuan sebesar 52,77% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,56%. Ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 80,55% dan meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan mencapai 100% (2) penerapan model pembelajaran Drill and Practice dikombinasikan dengan diskusi kelompokdilengkapi dengan media LKS dapat meningkatkan kemampuan kerjasama belajar siswa kelas XI MIA 1 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan sebesar 77,78% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Kata kunci : Drill and Practice, diskusi kelompok, LKS, kerjasama siswa, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 02 Sep 2018 15:32
    Last Modified: 02 Sep 2018 15:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41997

    Actions (login required)

    View Item