Tingkat Penerimaan Panelis Serta Karakterisasi Sifat Fisik dan Kimia Dark Chocolate Bar Dengan Penambahan Minyak Atsiri Rimpang Kencur (Kaempferia galanga L.)

Handiati, Yosephine Dian (2018) Tingkat Penerimaan Panelis Serta Karakterisasi Sifat Fisik dan Kimia Dark Chocolate Bar Dengan Penambahan Minyak Atsiri Rimpang Kencur (Kaempferia galanga L.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    Cokelat merupakan produk confectionery terpopuler di dunia dari olahan kakao. Kandungan antioksidan dark chocolate lebih tinggi daripada jenis cokelat lainnya. Kencur (Kaempferia galanga L.) diaplikasikan dalam bentuk minyak atsiri pada dark chocolate sebagai flavoring agent. Rimpang kencur memiliki sifat antitussive, expectorant, antioxidant, dan hypocholesterolemic. Dark chocolate bar dengan penambahan minyak atsiri kencur diharapkan dapat menjadi produk olahan cokelat khas Indonesia yang memberi manfaat bagi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi penambahan minyak atsiri rimpang kencur terhadap: a)tingkat penerimaan panelis, b)karakterisasi fisik (warna dan hardness), c)karakterisasi kimia (kadar air, total fenolik, aktivitas antioksidan, dan senyawa aktif), d)formula terbaik pada dark chocolate bar. Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu variasi konsentrasi penambahan 0.1% (F1), 0.2% (F2), dan 0.3% (F3) minyak atsiri rimpang kencur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan variasi konsentrasi minyak atsiri rimpang kencur tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat penerimaan panelis secara overall dan memiliki nilai Total Colour Difference (TCD*) sangat kecil. Formula terbaik pada dark chocolate bar dengan penambahan 0.3% minyak atsiri rimpang kencur (F3) paling disukai oleh panelis secara tidak signifikan secara overall, memiliki tingkat perbedaan warna yang sangat kecil, hardness terendah, kadar air kurang dari batas maksimal, memiliki total fenolik, aktivitas antioksidan, dan kandungan senyawa aktif yang tinggi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 01 Sep 2018 15:54
    Last Modified: 01 Sep 2018 15:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41982

    Actions (login required)

    View Item