PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH PERGERAKAN BOEDIOETOMO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA

YUNIYATI, WINAHYU ADHA (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH PERGERAKAN BOEDIOETOMO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (235Kb)

    Abstract

    Winahyu Adha Yuniyati. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa. Tesis. Pembimbing: (I) Dr. Leo Agung S, M. Pd., (II) Prof. Dr. Warto, M. Hum. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kondisi bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo yang digunakan di SMA Negeri 1 Surakarta, (2) Mendeskripsikan prosedur penggunaan bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap sosial siswa SMA Negeri 1 Surakarta, (3) Mendeskrepsikan keefektifan bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap sosial siswa SMA Negeri 1 Surakarta. Metode penelitian pengembangan (Research and Develophment) ini menggunakan model 4D (Define, design, develophment, dan dessemination). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Surakarta, diantaranya siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap sosial siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Surakarta. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji-t. Hasil yang diperoleh: (1) Pembelajaran sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo selama ini terfokus pada buku teks dari pemerintah dinas pendidikan dan kebudayaan tanpa ada pendamping maupun pengembangan bahan ajar dengan model pembelajaran yang disesuaikan pada kurikulum dan tujuan pendidikan nasional. (2) Bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo yang disusun telah divalidasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi yang menghasilkan penilaian dengan kategori “baik”, selanjutnya bahan ajar diujicoba terbatas dan luas kepada siswa yang menghasilkan penilaian dengan kategori “baik”. (3) Penggunaan bahan ajar sejarah Pergerakan Nasional Boedi Oetomo dengan model Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan sikap sosial siswa, kedua test menghasilkan taraf signifikansi sebesar 0,07 dan nilai t sebesar 2, 773 membuktikan bahwa > 0, 05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Pergerakan Nasional Boedi Oetomo, Problem Based Learning (PBL), Sikap Sosial.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LA History of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 01 Sep 2018 15:40
    Last Modified: 01 Sep 2018 15:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41979

    Actions (login required)

    View Item