Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Kerja Keras dalam Novel Rantau 1 Muara karya Fuadi serta Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA

YUNITA, WINA (2018) Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Kerja Keras dalam Novel Rantau 1 Muara karya Fuadi serta Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (97Kb)

    Abstract

    Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Kerja Keras dalam Novel Rantau 1 Muara karya Fuadi serta Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. SKRIPSI. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd., Pembimbing II: Drs. Edy Suryanto, M. Pd.. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) unsur intrinsik yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara, (2) penokohan tokoh utama yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi (3) aspek kepribadian tokoh utama berdasarkan teori kepribadian psikologi Freud (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi (5) relevansi kepribadian tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi dengan pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan unsur intrinsik yang membangun meliputi: tema pendidikan, alur campuran, latar tempat di Bandung, Jakarta, Maninjau, Amerika, dan Ingrris, penokohan, sudut pandang menggunakan teknik akuan, dan amanat untuk konsisten dalam mengejar cita-cita. Tokoh dan penokohan tokoh utama dalam novel Rantau 1 Muara digambarkan melalui tiga dimensi, yaitu dimensi fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Kepribadian tokoh utama dalam novel, dianalisis menggunakan teori psikoanalisis Freud yang meliputi tiga struktur kepribadian Id, Ego, dan Superego. Id terbesar pada tokoh utama adalah keinginan untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri yang membuat Ego tokoh utama berupaya untuk mewujudkan keinginannya. Superego dari tokoh utama digambarkan ketika tokoh utama ingin menegakkan keadilan dan bermanfaat untuk bangsa dan negara dengan ilmu dan melalui pekerjaan tokoh utama sebagai wartawan. Novel Rantau 1 Muara juga mengandung nilai pendidikan kerja keras yang ditemukan pada tokoh utama, Alif dan Dinara. Novel Rantau 1 Muara relevan dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA kelas XII. Kata Kunci: Psikologi Sastra, Kepribadian, Nilai Pendidikan, Kerja Keras, Novel Rantau 1 Muara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 01 Sep 2018 15:36
    Last Modified: 01 Sep 2018 15:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41978

    Actions (login required)

    View Item