UPAYA MENINGKATKAN EMOTIONAL AUTONOMY MELALUI KEGIATAN ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK KELOMPOK B TK SANDHY PUTRA TAHUN AJARAN 2017/2018

M, SEKAR SHOLIH (2018) UPAYA MENINGKATKAN EMOTIONAL AUTONOMY MELALUI KEGIATAN ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK KELOMPOK B TK SANDHY PUTRA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1239Kb)

    Abstract

    Isu kemandirian pada anak usia dini dewasa ini mulai tidak terlihat lagi karena anak-anak sekarang memiliki kesibukan yang luar biasa dengan kegiatan–kegiatan sekolah, sehingga kemandirian dianggap menjadi sesuatu yang akan berkembang dengan sendirinya. Kenyataannya kemandirian anak lebih banyak ditunjukkan dalam bentuk tingkah laku dan mengesampingkan kemandirian secara emosional yang sama pentingnya dalam perkembangan emosional anak. Anak harus percaya diri, belajar mengendalikan emosinya dan tidak bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan entrepreneurship (kewirausahaan) dalam meningkatkan emotional autonomy (kemandirian emosi) pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Sandhy Putra Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat fase, yaitu : a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif berupa teknik analisis data komparatif untuk membandingkan prosentase dari hasil tindakan tiap siklus serta analisis kualitatif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian nilai kemandirian emosi anak mengingkat dari pra tindakan sebesar 36,36%, siklus I sebesar 54,54% dan pada siklus II sebesar 83,63%. Peningkatan tersebut ditandai dengan keberhasilan anak untuk tidak bergantung dengan orang lain, mampu menyelesaikan tugas sendiri dan mampu mengembangkan rasa percaya diri. Kata Kunci: kemandirian emosi, kewirausahaan, anak usia 5-6 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 01 Sep 2018 14:26
    Last Modified: 01 Sep 2018 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41965

    Actions (login required)

    View Item