Scoping Review Penggunaan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Siswa

LATIFAH, RIZKA (2018) Scoping Review Penggunaan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (852Kb)

    Abstract

    Augmented reality adalah kelanjutan dari virtual reality, dimana augmented reality menyediakan lingkungan nyata dengan mengkombinasikan dunia nyata dan dunia maya. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa augmented reality membantu meningkatkan motivasi siswa dan membantu siswa memiliki kemampuan analisis yang bagus. Dalam penelitian ini akan diungkapkan teknologi yang digunakan augmented reality, metode pembelajaran dalam penerapan augmented reality, dan cara augmented reality dalam meningkatkan motivasi siswa. Untuk meninjau lebih lanjut ketiga hal tersebut maka dilakukan penelitian menggunakan metode scoping review yang dikembangkan oleh Arksey & Markey dengan mencakup 34 penelitian. Dengan metode tersebut, terdapat tiga temuan penelitian. Pertama, teknologi augmented reality dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu jenis dan bentuknya. Jenis teknologi augmented reality yang paling banyak digunakan adalah maker-based tracking (85%) dan bentuk augmented reality yang paling banyak digunakan augmented reality adalah augmented reality handout (32%). Kedua, metode pembelajaran tidak banyak dibahas dalam penggunaan augmented reality (59%). Walau begitu ditemukan bahwa, metode pembelajaran yang sering digunakan dalam penerapan augmented reality adalah game-based learning (11%). Yang terakhir, cara yang banyak digunakan augmented reality dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan memvisualisasikan model 3D (38%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 01 Sep 2018 14:05
    Last Modified: 01 Sep 2018 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41960

    Actions (login required)

    View Item