UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV No. 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Sativa, Riski Fitriana (2018) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV No. 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1277Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Riski Fitriana Sativa. K7114150. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aktivitas Ekonomi Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV No. 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran Circuit Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV No 204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik validitas data penelitian ini adalah validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis adalah analisis interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pada uji pratindakan adalah 16.13% (5 dari 31 siswa) mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 42% (13 dari 31 siswa) mencapai kriteria ketun-tasan minimal. Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 83,87% (26 dari 31 siswa) mencapai kriteria ketuntasan minimal. Simpulan dari penelitian ini adalah Model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Pemahaman konsep, Model pembelajaran Circuit Learning, Aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam. ABSTRACT Riski Fitriana Sativa. K7114150. Effort to Improve Conceptual Understanding of Natural Resource-Related Economic Activities through the Application of Circuit Learning Model (Classroom Action Research of the Students in Grade IV of State Primary School Karangasem IV No. 204 of Surakarta in Academic year 2017/2018). Skripsi: The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, June 2018. The objective of this research is to investigate the improvement of conceptual understanding of natural resource-related economic activities through the application of Circuit Learning model of the students in Grade IV of State Primary School Karangasem IV No. 204 of Surakarta in Academic Year 2017/2018. This research used classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the classroom teacher and the students as many as 31 in Grade IV of the aforementioned school in Academic Year 2017/2018. Its data were collected through in-depth interview, observation, test, and documentation. They were validated by using content validity and data collection technique triangulation. The data were analyzed by using the Miles & Huberman’s interactive model of analysis. The result of the research shows that prior to the treatment 5 out of 31 students (16.13%) fulfilled the minimal learning completeness criterion of 70. Following the treatments, the number of the students who fulfilled the criterion was 13 students (42%) in Cycle I and 26 (83.87%) in Cycle II respectively. Thus, the Circuit Learning model can improve the conceptual understanding of natural resource-related economic activities of the students in Grade IV of State Primary School Karangasem IV No. 204 of Surakarta in Academic Year 2017/2018. Keywords: Conceptual understanding, Circuit Learning model, Natural resource-related economic activities

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 01 Sep 2018 14:00
    Last Modified: 01 Sep 2018 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41959

    Actions (login required)

    View Item