ASPEK-ASPEK LINGUAL PENGUNGKAP PANDANGAN MASYARAKAT DESA JEMUR KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TERHADAP TRADISI PERAWATAN BAYI: KAJIAN ETNOLINGUISTIK

, PURWANTI (2018) ASPEK-ASPEK LINGUAL PENGUNGKAP PANDANGAN MASYARAKAT DESA JEMUR KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TERHADAP TRADISI PERAWATAN BAYI: KAJIAN ETNOLINGUISTIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (296Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Purwanti. C0214055. 2018.Aspek-Aspek Lingual Pengungkap Pandangan Masyarakat Jemur Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen terhadap Tradisi Perawatan Bayi: Kajian Etnolinguistik. Skripsi: Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi satuan lingual (kata dan frasa) berdasarkan konteks sosial dan budaya yang digunakan sebagai pengungkap Tradisi Perawatan Bayi dalam masyarakat Jemur? (2) Bagaimana nilai-nilai budaya dan pandangan hidup masyarakat terhadap Tradisi Perawatan Bayi? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan satuan lingual (kata dan frasa) berdasarkan konteks sosial dan budaya yang digunakan sebagai pengungkap Tradisi Perawatan Bayi dalam masyarakat Jemur (2) Mendeskripsikan nilai-nilai budaya dan pandangan hidup masyarakat terhadap Tradisi Perawatan Bayi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang memanfaatkan teori etnolinguistik. Penelitian ini dilakukan di Desa Jemur Kebumen. Hal ini dikarenakan lokasi penelitian ini merupakan tempat yang masih sangat kental dengan Tradisi Perawatan Bayi. Data penelitian ini meliputi data lisan dan data tertulis dalam tradisi. Data lisan berupa tuturan oleh informan yang meliputi nama istilah dalam prosesi tradisi, mantra dalam sesaji, dan nama-nama peranti yang digunakan. Data tulisan berupa kosa kata, frasa, maupun kalimat yang diperoleh melalui sumber tertulis dari informan. Sumber data tertulis dari penelitian ini meliputi catatan penelitian, buku, artikel sejenis, dan penelitian terdahulu yang sejenis. Metode dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi partisipasi yang menggunakan metode simak. Di dalam metode simak dikenal dua teknik, yaitu teknik dasar yang meliputi teknik simak libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Sedangkan teknik lain yang peneliti gunakan adalah pengamatan berperan serta atau lebih dikenal dengan wawancara. Klasifikasi data yang dilakukan dengan cara mengelompokkan data melalui aspek lingual seperti kata, frasa, dan kalimat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dan metode etnografi. Metode padan dikenal dengan dua teknik yaitu teknik pilah unsur penentu dan teknik lanjutan. Metode penganalisisan ini menggunakan analisis etnografis dalam metode etnografi. Penyajian hasil analsis menggunakan metode informal. Simpulan penelitian ini yaitu peneliti menemukan 28 bentuk kata dan 8 bentuk frasa dalam bentuk lingual terhadap konteks sosial dan budaya. Peneliti juga menemuakan 29 bentuk kata dan 10 frasa dalam makna kultural dan pandangan masyarakat. Selain itu, Peneliti juga menemukan pandangan masyarakat Jemur terhadap Tradisi Perawatan Bayi yang dapat dijelaskan melalui bentuk kearifan lokal dan penelitian medis. Kata kunci: penelitian,tradisi, dan tradisi perawatan bayi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 31 Aug 2018 15:46
    Last Modified: 31 Aug 2018 15:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41951

    Actions (login required)

    View Item