PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)

HANDAYANI, NUR ESTI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (632Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Esti Handayani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah menIingkatkan hasil penerapan model pembelajaran Concept Sentence dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 21 siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga langkah, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian, ditinjau dari hasil observasi, penerapan model pembelajaran Concept Sentence meningkatkan aktivitas siswa, yaitu aktivitas mendengar, berbicara, membaca, menulis, serta aktivitas mental. Ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70 diperoleh ketuntasan klasikal 29%, siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 43%, siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86%, dan siklus III ketuntasan klasikal meningkat menjadi 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran, Concept Sentence, keterampilan menulis pantun.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 31 Aug 2018 15:29
    Last Modified: 31 Aug 2018 15:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41948

    Actions (login required)

    View Item