PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN KIT MULTIMEDIA DAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MODALITAS BELAJAR SISWA

TAMBOTOH , KRISTIEN HELLY (2010) PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN KIT MULTIMEDIA DAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MODALITAS BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1455Kb)

    Abstract

    Kristien Hely Tambotoh. Pembelajaran Fisika Menggunakan Kit Multimedia dan Media Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Modalitas Belajar Siswa (Studi Kasus Pokok Bahasan Momentum dan Impuls pada Siswa kelas XI SMA negeri 1 Salatiga) Tesis. Program Studi: Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran fisika menggunakan kit multimedia dan media interaktif berbasis komputer terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh modalitas belajar terhadap prestasi belajar. (4) interaksi antara motivasi berprestasi dengan pembelajaran menggunakan kit multimedia dan media interaktif berbasis komputer terhadap prestasi belajar. (5) interaksi antara modalitas belajar dengan pembelajaran menggunakan kit multimedia dan media interaktif berbasis komputer terhadap prestasi belajar. (6) interaksi antara modalitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar. (7) interaksi antara motivasi berprestasi dan modalitas belajar dengan pembelajaran menggunakan kedua media terhadap prestasi belajar. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Salatiga tahun pelajaran 2008/2009 dengan populasi siswa kelas XI. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2x3. Sampel penelitian siswa kelas XI IPA-2, dan XI IPA-6 (eksperimen I) serta kelas XI IPA-4 dan kelas XI IPA-5 (eksperimen II). Instrumen pengambilan data berupa tes prestasi belajar, angket motivasi berprestasi dan angket modalitas belajar. Instrumen pelaksanaan penelitian berupa Silabus, RPP, Media Interaktif berbasis Komputer, LKS, Kit Multimedia. Teknik analisis data adalah ANAVA tiga jalan sel tak sama pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan signifikan prestasi belajar pada pembelajaran menggunakan kit multimedia dan media interaktif berbasis komputer (p=0,007<α). (2) ada perbedaan signifikan prestasi belajar siswa motivasi berprestasi tinggi dan rendah (p=0,025<α). (3) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang memiliki modalitas belajar visual, auditori dan kinestetik (p<0,001). (4) tidak ada interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi (p=0,496>α). (5) ada interaksi antara media pembelajaran dengan modalitas belajar (p=0,014<α). (6) ada interaksi antara motivasi berprestasi dengan modalitas beajar (p=0,014<α). (7) tidak ada interaksi antara media pembelajaran, motivasi berprestasi dengan modalitas (p=0,794 >α). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) prestasi belajar siswa yang menggunakan kit multimedia lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media interaktif berbasis komputer. (2) motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (3) modalitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (4) tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi (5) Ada interaksi antara media pembelajaran dan modalitas belajar. (6) ada interaksi antara motivasi berprestasi (7) Tidak ada interaksi pengaruh antara media pembelajaran dengan modalitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 15 Jul 2013 03:22
    Last Modified: 15 Jul 2013 03:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4194

    Actions (login required)

    View Item