PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENIINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Latief, Maullana (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENIINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1093Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maullana Latief. K7114106. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDN Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Tahapan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles and Huberman. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (≥75) pada setiap siklus, yaitu persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 8,70% meningkat menjadi 43,48% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,60%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Keterampilan Membaca Pemahaman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 31 Aug 2018 14:44
    Last Modified: 31 Aug 2018 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41939

    Actions (login required)

    View Item