Kaji Banding Gamelan Berbahan Baja, Perunggu Timah Putih, Perunggu Silikon Terhadap Hasil Suara Panjang (Resonansi) dan Intensitas Bunyi (Desibel)

Santoso, Mahardhika Angga (2018) Kaji Banding Gamelan Berbahan Baja, Perunggu Timah Putih, Perunggu Silikon Terhadap Hasil Suara Panjang (Resonansi) dan Intensitas Bunyi (Desibel). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (481Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mahardhika Angga Santoso. K2514042. Kaji Banding Gamelan Berbahan Baja, Perunggu Timah Putih, Perunggu Silikon Terhadap Hasil Suara Panjang (Resonansi) Dan Intensitas Bunyi (Desibel). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan material komposisi bahan gamelan terhadap sifat akustik hasil suara panjang (resonansi) dan intensitas bunyi (desibel). Baja, perunggu timah putih dan perunggu silikon adalah material yang diteliti pada gamelan Jawa gong kempul laras 5 slendro. Pembuatan gamelan menggunakan proses pengecoran sandcasting. Kemudian dilakukan proses penempaan untuk mendapatkan bentuk dari gamelan yang dibuat. Gamelan kemudian diuji dengan mennggunakan software Neundo dan beberapa alat yaitu: perangkat lunak, microphone kondesor, audio interface dan kabel. Hasil dari penelitian ini menunjukan (resonansi) paling lama dimiliki pada gamelan perunggu silikon dengan durasi bunyi rata-rata 15,4 detik, gamelan material perunggu timah putih dengan durasi bunyi 7,4 detik dan gamelan material besi dengan durasi 6,6 detik. Intensitas bunyi yang dihasilkan gamelan perunggu silikon memiliki nilai gain -23,34 dB. Sedangkan pada gamelan material perunggu timah putih sebesar -21,68 dB dan gamelan material besi memiliki nilai gain sebesar -17,96 dB. Dengan pengujian yang dilakukan maka hasil yang didapat menunjukan perbedaan dan peningkatan kualitas resonansi dan intensitas bunyi. Kata kunci : Gamelan, Resonansi, Intesitas Bunyi, Perunggu Silikon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Imron Hizbullah
    Date Deposited: 31 Aug 2018 14:32
    Last Modified: 31 Aug 2018 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41937

    Actions (login required)

    View Item