HEGEMONI ANTAR TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BEKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

AGNIBAYA, RANGGA (2018) HEGEMONI ANTAR TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BEKISAR MERAH KARYA AHMAD TOHARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (70Kb)

    Abstract

    Penelitian berjudul “Hegemoni Antar Tokoh Dalam Novel Bekisar Merah dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi” ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan interaksi yang terjadi antar tokoh, khususnya terkait dengan interaksi yang mengakibatkan munculnya ketidaksetaraan sosial.Selain itu, penelitian juga akan membahas mengenai nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bekisar Merah dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan interpretatif serta teori hegemoni Gramscian, penelitian ini ingin menganalisis dan mengulas bagaimana pola hubungan antar tokoh yang ada di dalam novel Bekisar Merah. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan data yang sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Dari hasil analisis dan ulasan yang telah dilakukan diketahui bahwa masing-masing tokoh dalam novel memiliki karakteristik dan identitas yang khas dan unik. Selain hal tersebut, diketahui bahwa beberapa tokoh memiliki kuasa hegemonik terhadap tokoh yang lain. Beberapa nilai pendidikan karakter juga terdapat di dalam novel Bekisar Merah, yakni kerja keras, tanggung jawab, religius, dan gotong royong. Penelitian ini dan novel Bekisar Merah juga memiliki relevansi dengan pembelajaran sastra di perguruan tinggi, khususnya dengan mata kuliah Kajian dan Apresiasi Prosa Fiksi serta matra kuliah Kritik sastra. Kata kunci: Hegemoni, nilai pendidikan karakter, novel, relevansi, Bekisar Merah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Aug 2018 12:56
    Last Modified: 20 Aug 2018 12:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41903

    Actions (login required)

    View Item