OPTIMASI KOMPOSISI FORMULA SNEDDS (Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System) EKSTRAK METANOL KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L.) DENGAN FASE MINYAK KEMIRI

MAS`UD, NUGRAHA (2018) OPTIMASI KOMPOSISI FORMULA SNEDDS (Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System) EKSTRAK METANOL KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L.) DENGAN FASE MINYAK KEMIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (519Kb)

    Abstract

    Ekstrak metanol kayu secang memiliki aktivitas biologis antara lain antibakteri, antikanker, antidiabetik dan antioksidan. Pengembangan teknologi formulasi diperlukan untuk meningkatkan efektivitas penghantaran obat di dalam tubuh sehingga diperoleh efek farmakologi yang baik. Formulasi nanoemulsi dengan teknik SNEDDS diharapkan dapat meningkatkan penghantaran obat didalam tubuh secara tertarget dan meningkatkan transport obat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komposisi optimum formula SNEDDS ekstrak metanol kayu secang beserta parameter pengujian fisik nanoemulsi. Parameter pengujian fisik meliputi persentase transmitansi dengan spektrofotometri UV-Vis, waktu emulsifikasi dengan media AGF dan fase pemisahan dengan sentrifugasi dan freeze-thaw test. Optimasi dilakukan dengan menggunakan metode SLD dengan software Design Expert versi Stat Ease Dx 9 Trial yang diperoleh 14 formula. Berdasarkan hasil optimasi, diperoleh komponen SNEDDS antara lain minyak kemiri sebagai fase minyak, Tween 80-Croduret® 50SS sebagai surfaktan dan propilenglikol sebagai co-surfaktan. Hasil pengujian fisik 14 formula diperoleh formula optimal SNEDDS ekstrak metanol kayu secang dengan komposisi 15,00% minyak : 62,43% surfaktan : 22,57% co-surfaktan dengan nilai desirability 0,663, yang mampu me-loading ekstrak sebesar 25 mg/gram sistem SNEDDS. Parameter pengujian fisik formula optimal SNEDDS diperoleh respon persentase transmitan sebesar 94,32 ± SE 0,92%, waktu emulsifikasi 74,67 ± SE 0,88 detik dan fase pemisahan 0,89 ± SE 0,01. Hasil pengujian fisik formula optimal dilakukan verifikasi uji statistik One Sample T-Test dengan taraf kepercayaan 95% dengan nilai p-value lebih dari 0,05 pada ketiga parameter uji yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara hasil observasi dengan prediksi software Design Expert versi Stat Ease Dx 9 Trial. Kata kunci : secang, SLD, nanoemulsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Farmasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Aug 2018 11:48
    Last Modified: 20 Aug 2018 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41895

    Actions (login required)

    View Item