Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dipadu Peta Konsep terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Larasati, Nadia (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dipadu Peta Konsep terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1005Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dipadu peta konsep terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPA 6 dan X IPA 8 dengan teknik pengambilan cluster sampling.. Desain penelitian menggunakan posttest only with nonequivalent grup design. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas dengan menerapkan model group investigation dan model group investigation dipadu metode peta konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data dibantu dengan SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dipadu peta konsep berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Aspek keterampilan berpikir kreatif yang diteliti terdiri dari aspek originality, fluency, flexibility, dan elaboration. Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, model group investigation (GI), peta konsep

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Aug 2018 11:34
    Last Modified: 20 Aug 2018 11:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41890

    Actions (login required)

    View Item